Peluk Pasien 102 Tahun, Dokter Bedah Bikin Netizen Nangis Bombay

download (1)

Serangkain foto yang memperlihatkan seorang dokter tengah memeluk pasien lanjut usia menjadi perbincangan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.
Dalam foto viral tersebut memperlihatkan seorang dokter bedah dari Rumah Sakit Prtama Afiliasi dari Harbin Medical University, Tiongkok, tengah menghibur pasiennya yang lemah dan ketakutan ketika akan menjalani operasi.
Dilansir Metro, Rabu (28/12/2016), perempuan berusia 102 tahun itu memang akan menjalani bedah setelah mengalami patah tulang akibat jatuh. Namun karena usianya, ia juga mengalami anestesi atau suatu keadaan hilangnya sensasi perasaan dan nyeri yang biasanya dihubungkan dengan hilangnya kesadaran.
Untuk mengatasi hal tersebut, dr Zhao Liang memutuskan untuk memeluk pasien tua dari Harbin, provinsi Heilongjiang, Tiongkok tersebut karena keluarga pasien dilarang masuk. Dia juga menghibur sang nenek yang lemah itu agar ia tak merasa gugup.
“Saya mengatakan kepada pasien untuk bersantai dan membiarkan saya tahu jika dia merasa tidak nyaman. Tapi, itu adalah momen pertama kalinya saya membantu pasien untuk anestesi,” kata Dr Zhao. Dr Zhao Liang bersama seorang nenek/
“Saya harus menjadi diri saya benar-benar stabil dan lengan saya mulai sakit seteah memegangnya selama 20 menit,” lanjutnya.
Operasi yang berlangsung selama 20 menit itu pun berhasil dilakukan. Sang nenek kini tengah beristirahat untuk memulihkan fisiknya yang lemah.
Foto-foto kebersamaan dokter dan pasiennya tersebut kontan tersebar hingga menjadi viral di medsos. Banyak netizen pun tersentuh dengan aksi sang dokter yang ingin menjaga nenek itu tetap tenang dan nyaman.