Wow Keren! Remaja Dari Suku Pedalaman Ini, Jadi Salah Satu Andalan…

IMG_20161122_170811-620x330

Tinggal di pedalaman dan jauh dari moderninasi ternyata bukan menjadi halangan untuk bisa berprestasi.
Hal itulah yang ditunjukan oleh Awan, remaja asal suku Baduy yang saat ini berusia 15 tahun. Awan, yang sudah memiliki hobi bermain bola sejak kecil, rencana akan memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia usia 16 tahun (U-16).
Dilansir dari Tempo.co, Sehari-harinya Awan yang berasal dari Kampung Kadu Jakung, Desa Kanekes, Lebak, Banten ini biasa selalu bermain sepak bola seusai membantu orang tuanya berladang.
Sejak satu tahun terakhir hobi bermain sepak bola Awan semakin tersalurkan, bakatnya mengolah si kulit bundar makin terasah. Semua terjadi setelah sejumlah relawan mendirikan perkumpulan sebak bola untuk anak-anak di Pedalaman Suku Baduy bernama Baduy FC.
Tenyata tidak hanya timnas U-16 yang menjadi target Awan. Remaja yang mengidolakan pesepak bola Andik Vermansyah tersebut, juga berkeinginan untuk memperkuat timnas senior pada suatu saat nanti.
“Saya sangat senang bisa terpilih memperkuat Timnas. Saya tidak menyangka, mengingat saya berasal dari pedalaman. Semoga ini memang menjadi jalan bagi saya untuk bisa terus berkarier di sepakbola, dan pada suatu hari nanti bisa bermain di Timnas senior, seperti Kak Andik (Vermansyah),” papar Awan.
Sebelumnya, Awan lolos untuk memperkuat timnas U-16 setelah berhasil menyisihkan sekitar 400 peserta dalam tahap seleksi di wilayah Banten.
Awan yang menempati posisi penyerang dalam timnas U-16, rencana akan ikut dalam turnamen Singha Cup yang akan digelar di Singapura pada Bulan Januari 2017 mendatang.
Sementara seperti diberitakan Liputan6, Pelatih Baduy FC Asep Kurnia bahwa bukan pekerjaan mudah untuk bisa melatih anak – anak suku pedalaman tersebut.
585ca323cd8ef-bocah-baduy-yang-masuk-timnas-u-16-awan_663_382
Kita latih seadanya, pemisah bolanya masih pake batok kelapa,” kata Asep Kurnia
Bahkan Asep menambahkan, Awan pun akan diperbolehkan mengibarkan spanduk Baduy FC di tengah lapangan pada ajang Singa Cup 2016 di Singapura.
“Nanti Awan akan membawa spanduk Baduy FC, itu diperbolehkan, karena ini jelas prestasi yang prestisius bagi masyarakat Baduy” katanya.
Eks pemain Persib Bandung itu berkisah bahwa jika di Kabupaten Lebak, Banten, sebetulnya menyimpan banyak talenta muda sepak bola. Namun belum tergarap dengan baik oleh Pemerintah.
“Sebetulnya di Lebak banyak potensi. Mungkin ada bibit berikutnya. Awan baru ketemu, kita press, supportingnya ketemu,” ucapnya.