Tak Pernah Marah, Ini Cara Yuni Shara Didik Anak-Anaknya



Setiap orang tua terutama ibu pasti punya cara tersendiri dalam mendidik anak-anaknya. Begitu pula yang dialami oleh penyanyi cantik Yuni Shara. Ia punya cara tersendiri dalam membesarkan dua buah hatinya. Dilansir oleh KapanLagi.com (23/12), bagi Yuni hubungan kedekatan dengan sang buah hati begitu penting. Selain itu menjadi teman bagi sang buah hati cukup penting. Hal tersebut bisa membantu membangun hubungan antara ibu dan anak agar lebih dekat.
“Saya pengen jadi temen buat anak-anak. Sedangkan saya pengen menempatkan papanya yang tegas supaya ada yang ditakutkan,” tutur Yuni.
Satu hal yang menarik dari cara Yuni mendidik anak-anaknya adalah ia nyaris tak pernah memarahi dua buah hatinya. Menurut Yuni lebih baik menasehati mereka alih-alih memarahi anak.
“Hampir nggak (pernah marah), kalo bisa dibilangin ngapain harus dimarahin?” ungkapnya.
Memang ada kalanya anak akan berbuat kesalahan dan membuat orang tua kesal. Sudah seharusnya memang ibu untuk bertindak, namun memarahi dengan emosi malah tak akan menyelesaikan masalah. Memarahi anak dengan emosi justru hanya akan membuat anak tertekan dan menjauh dari orang tua.
Akan lebih baik jika setiap orang tua mengajak anak berbicara dua arah. Tanyakan padanya sebab mengapa ia sampai berbuat nakal. Ungkapkan bahwa perbuatan tersebut tidak baik dan tidak disukai. Berikan alasan yang jelas hingga dia mengerti bahwa tindakannya salah. Sebisa mungkin gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan atur nada bicara. Setelah itu berikan sebuah pelukan sebagai tanda bahwa setelah kenakalannya orang tua tetap menyayangi anaknya.